Monday, July 20, 2009

MOTOGP Serie 9, Sachsenring - Jerman




Duet pembalap Fiat Yamaha Team, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo berhasil memuncaki hasil MotoGp seri 9 dari Sachsenring International Circuit, Jerman. Hasil tersebut dapat dikatakan sebagai klimaks keberhasilan kedua pembalap tersebut setelah sehari sebelumnya Rossi dan Lorenzo menguasai jalannya kualifikasi dan berhasil merebut posisi start satu dan dua.

Start dari urutan pertama dan dengan mulus dilakukan Rossi membuat pembalap kelahiran Urbino - Italia tersebut langsung memimpin jalannya lomba, disusul Pedrosa dan Stoner ditempat kedua dan ketiga. Sementara Lorenzo justru anjlok di posisi kelima dibawah pembalap Repsol Honda Andrea Dovizioso. Memasuki lap keempat pembalap Ducati Marlboro Casey Stoner yang terus melakukan fastest lap berhasil menyusul Dani Pedrosa untuk merebut posisi kedua dan berusaha menekan Rossi yang berada didepannya. Puncak dari usaha Stoner tercipta di lap ketujuh, menyalip Rossi dari sisi dalam membuat Stoner berhasil memimpin jalannya lomba.

Hingga 10 lap balapan berjalan, empat pembalap, Stoner, Rossi, Pedrosa dan Lorenzo, semakin menunjukkan bahwa mereka adalah kandidat perebut tahta Juara Dunia 2009, memperlebar jarak waktu dengan kelompok pembalap dibelakang mereka, Alex de Angelis, Dovizioso, Melandri dan Toni Ellias hingga terpaut lima detik, keempat pembalap tersebut terus memberikan tekanan hingga jalannya lomba menjadi sangat menarik. Masuk lap 16 Valentino Rossi berhasil kembali merebut posisi satu dan di lap 17 Lorenzo pun berhasil menekuk Stoner untuk mengambil alih posisi kedua.

Separuh balapan Rossi dan Lorenzo, pembalap yang bernaung dalam tim yang sama, makin menunjukkan dominasi mereka di musim balap 2009 ini. Penonton yang berada di sirkuit dan jutaan pasang mata yang menyaksikan di layar kaca seperti disuguhkan drama antara keduanya saat terjadi duel sengit di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Sisa lima lap menjelang finish Lorenzo berhasil mengungguli seniornya Rossi dengan memimpin lomba. Tekanan demi tekanan yang dilakukan Rossi terhadap Lorenzo menjadi satu suguhan yang sangat menarik, hingga akhirnya di dua lap terakhir Rossi kembali memimpin jalannya lomba hingga finish meskipun Lorenzo juga terus berupaya melakukan tekanan terhadap rekan satu timnya tersebut, sampai akhirnya Jorge Lorenzo harus puas berada diurutan kedua dengan selisih waktu 0.099 detik. Sementara Pedrosa berhasil melewati Stoner untuk berada di posisi ketiga.

Kemenangan di Sirkuit Sachsenring, Minggu 19 Juli 2009, membuat Rossi makin mengukuhkan posisinya di puncak klasemen pembalap, dengan poin 176, Rossi unggul 14 poin dari Lorenzo yang mengumpulkan poin 162. Dalam wawancara dengan Stasiun Televisi Italian 1 yang dilansir Autosport Lorenzo mengaku telat melakukan tekanan terhadap seniornya tersebut dan merasa tidak puas dengan hasil yang diperolehnya. "Saya tidak begitu senang, tapi sekali lagi kami naik podium , dan itu sangat penting buat kami, kompetisi masih terbuka lebar.", tutur Lorenzo dalam wawancara tersebut. "Mungkin strateginya salah. Saya seharusnya perlu menyusul Valentino sedikit lebih awal, dia cukup habis-habisan melakukan tekanan dan sergapan hebat diakhir lintasan lurus.", tambahnya kepada Italian 1. Sementara Rossi yang yang menjadi juara mengaku sangat menikmati balapan Minggu kemarin dan menilai Lorenzo adalah pesaing terberatnya musim ini. "Saya bisa menyusul Casey (Stoner) dan saya lebih cepat, tetapi pertarungan melawan Jorge (Lorenzo) selalu lebih sulit. ", tutur pembalap Fiat Yamaha Team tesebut kepada Autosport.

Berikut hasil lengkap MotoGP seri 9, Sirkuit Sachsenring - Jerman:
1. Valentino Rossi Yamaha 41m21.769s
2. Jorge Lorenzo Yamaha + 0.099s
3. Dani Pedrosa Honda + 2.899s
4. Casey Stoner Ducati + 10.226s
5. Alex de Angelis Honda + 21.522s
6. Toni Elias Honda + 30.852s
7. Marco Melandri Kawasaki + 31.301s
8. Nicky Hayden Ducati + 31.726s
9. Colin Edwards Yamaha + 32.865s
10. James Toseland Yamaha + 43.926s


Klasemen Pembalap :
1 ROSSI Valentino ITA 176
2 LORENZO Jorge SPA 162
3 STONER Casey AUS 148
4 PEDROSA Dani SPA 108
5 EDWARDS Colin USA 83
6 MELANDRI Marco ITA 70
7 DOVIZIOSO Andrea ITA 69
8 VERMEULEN Chris AUS 64
9 CAPIROSSI Loris ITA 61
10 DE PUNIET Randy FRA 58



Donny - 21 Jul.'09









No comments:

Post a Comment