Pembahasan soal modifikasi adalah tema yang tidak pernah habis bagi pecinta otomotif, khususnya roda dua, baik itu modifikasi bodi maupun modifikasi mesin untuk meningkatkan performa kendaraan. Banyak faktor yang membuat orang memilih untuk memodifikasi tunggangannya, tetapi keinginan untuk tampil beda, lain daripada yang lain, adalah faktor terbesar yang menjadi dasar para pecinta modifikasi melakukan perubahan terhadap tunggangannya. Dimulai dari modifikasi ringan dengan menambahkan pernik-pernik plug n' play hingga modifikasi kelas berat yang berujung berubahnya bentuk atau identitas standar kendaraan itu sendiri.
Dalam prakteknya lelaku modif dimulai dari adanya ide, gagasan dan keinginan dari sang pemilik motor, atau bahkan hal tersebut dicetuskan oleh modifikator yang menjadi pilihan, beranjak ke masalah biaya hingga eksekusi dari modifikasi itu sendiri. Studio Motor - Padepokan YMML yang mulai belajar untuk melakukan modifikasi selalu mencoba untuk dapat mengaplikasikan ide, keinginan dan gagasan modif tersebut dengan faktor biaya atau anggaran dari si pemilik motor, sebisa mungkin seluruh konsep dapat tertuang dengan biaya yang telah disepakati, atau kalau memang terjadi kendala kami berupaya untuk berdiskusi dengan pemilik motor tersebut hingga dicapai kata sepakat dengan harapan eksekusi modifikasi tidak meleset jauh dari ide dan konsep awal yang dikehendaki. Yang pasti saat eksekusi upaya yang harus dilakukan modifikator adalah tetap mengindahkan aspek Keamanan, Kenyamanan, Fungsi dan Ketahanan, tanpa mengesampingkan juga aspek lain yaitu Keindahan.
Hasil akhir dari suatu modifikasi sebetulnya dapat mencerminkan kepribadian dari pemilik motor itu sendiri, pembawaan seseorang akan sangat mudah dilihat dari ide dan gagasan orang tersebut dalam memodifikasi tunggangannya, untuk itu dituntut kejelian dari modifikator untuk dapat merepresentasikan hasil karyanya agar dapat memberikan kepuasan yang maksimal terhadap konsumennya.
Saat ini saya sebagai owner dari Studio Motor - Padepokan YMML yang sebagian besar melakukan rubahan/modifikasi terhadap motor berjenis skuter matic lebih melihat kecenderungan bahwa modifikasi minimalis dengan biaya yang tidak terlalu besar masih menjadi favorit dari seluruh kendaraan roda dua yang sudah saya modifikasi dalam satu tahun terakhir ini. Penggunaan sebagai kendaraan operasional harian tetap menjadi pertimbangan untuk melakukan ubahan tanpa banyak mengorbankan desain dan fungsi kendaraan itu sendiri. Budget dengan rentang 3 juta - 10 juta masih mendominasi ubahan modifikasi yang kami lakukan, terlebih virus ubahan matic dengan aliran low rider juga masih menjadi pilihan utama para matic'ers untuk memodif kendaraannya, apalagi virus yang masih berkibar ini juga banyak menghadirkan konsep-konsep serta part-part yang semakin up to date.
Kelanjutannya kita bahas di sesi berikut.
Donny - 15 Jul.'09
Bahasan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis selama ini dalam menjalankan STUDIO MOTOR - Padepokan YMML
No comments:
Post a Comment