Tuesday, January 19, 2010

Virus Jap's Style Mulai Meradang

Alih-alih modifikasi kudu fungsional, simpel, nyaman dan aman, virus modifikasi Jap's Style sudah mulai menjadi pilihan bagi para pecinta modifikasi motor khususnya di Jakarta. Pilihan motor yang cocok untuk dimodif aliran inipun cukup beragam, mulai dari Honda Tiger, Honda Megapro, Suzuki Thunder 125 dan Thunder 250, Yamaha Scorpio dan bahkan sampai dengan motor lawas macam Honda CB, Yamaha DT, Kawasaki Binter Merzy, dll. Beberapa teman pun sudah mulai terjangkit virus ini, dari sebelumnya menjejalkan motornya dengan variasi seperti box, whindsield dan variasi-variasi lain ala touring style menjadi motor dengan tampilan yang sangat simpel. Yup...aliran modifikasi Jap's Style terkenal dengan tampilan simpelnya, justru dengan begitu membuat motor lebih enak dan terasa lebih ringan dikendarai sehari-hari untuk menembus kemacetan Jakarta.

Sebetulnya modif aliran Jap's Style ini sudah cukup lama beredar, sejak tahun 1990-an aliran Jap's Style sudah dominan di Husibuya, Tokyo, Jepang dan dikenal dengan sebutan Braty Style. Dalam perkembangannya, Jap's Style memiliki berbagai macam aliran, antara lain Braty Style, Street Tracker, Flat Tracker, Dirt Tracker, Street Demon, Japanesse South Carolina, dan juga Cafe’ Racer. Jadi, pada awalnya muda-mudi Jepang mencontek gaya builder Amerika yang dikenal dengan desain Socal (South California), disana mereka mengadopsi motor pabrikan negaranya sendiri.

Di Indonesia sendiri virus ini dibawa oleh Builder Yasashi Garage yang dikomandoi oleh Franky M. Astorianto sampai akhirnya sekitar pertengahan tahun 2009 beberapa pecinta modifikasi di Jakarta mulai terjangkit virus ini. Simpel dan murah adalah salah satu faktor yang membuat geliat aliran modifikasi ini mulai terasa, selain itu buat rider yang suka estetika, modifikasi aliran ini juga terlihat sangat menarik perhatian. Bagi builder/modifikator proses membangun motor Jap's Style juga memberikan kesenangan tersendiri. Customisasi sangat terasa disini, dari mulai membangun Jap's Style yang sederhana sampai dengan tahapan cukup ekstrem seperti mengacak-ngacak sasis bawaan motor atau bahkan merancang ulang sasis baru sesuai dengan konsep yang diinginkan oleh pemilik motor yang akan membangun motornya mengikuti aliran modifikasi ini. Batasan minimal modifikasi ini ialah dengan mengganti tangki dengan desain yang lebih kecil dan simpel, stang, lampu depan dan belakang, ban yang lebih dibuat lebar, alas duduk/jok, desain knalpot cocok serta beberapa pernak-pernik yang menunjang aliran ini.

Kami pun yang saat ini mulai menangani modifikasi Jap's Style merasakan keasyikan tersendiri bermain-main dengan kreatifitas tanpa batas saat melakukan ritual modif aliran Japs' Style ini, sudah barang tentu juga disesuaikan dengan anggaran yang disediakan oleh si-mpunya motor. Di bengkel kami, Studio Motor Custom Bike, biaya yang dibutuhkan untuk membangun motor dengan modif ala Jap's Style dimulai dari biaya sekitar 5,5 jutaan, untuk biaya tersebut paket yang diberikan adalah tangki, stang, lampu depan-belakang plus sein, velg dan ban, spatboard depan - belakang, jok serta knalpot. Dengan biaya tersebut pastinya kita bisa merasakan sensasi mengendarai motor ala Jap's Style yang simpel, ringan dan lincah tanpa mengurangi estetika hasil sebuah modifikasi.

Berikut saya tampilkan foto-foto modifikasi Japs Style yang bisa jadi rujukan....




Donny - STUDIO MOTOR Custom Bike

No comments:

Post a Comment