Biasa ngebangun motor konsumen liat Nouvo jebolan 2002 yang kerap digunakan menjadi motor operasional bengkel dengan tampilan apa adanya bisa menimbulkan rasa kasihan juga rupanya. Motor yang cukup berjasa untuk mondar-mandir belanja part-part yang dibutuhkan oleh bengkel tersebut terlihat sangat tidak terurus. Timbul keinginan untuk membuat sang Nouvo agar lebih eye catching, bisa diandalkan juga menjadi sarana promosi bengkel dan juga tidak kalah dari motor-motor brojolan terkini dari segi tampilan. Ibarat kata orang, yuk kita bangun kejayaan sang Nouvo yang merupakan motor pertama yang dikeluarkan Yamaha Indonesia dengan genre scooter matic. Diskusi dengan mekanik Studio Motor Custom Bike awalnya ingin dirubah bergaya Low Rider, tapi hasil final malah putar haluan arah modifikasi berwujud Drag Style, bukan hanya tampilan yang mengarah ke style tersebut, rombakan di sektor mesin-pun dilakukan Insya Allah sebagai langkah perdana untuk menerjunkan motor tersebut di kelas 155 CC Matic pada ajang Kejurnas Drag Bike bulan Juli besok di Sentul. Dan proses rombakan pun dimulai...
Langkah awal yang dilakukan adalah melucuti baju Nouvo untuk dilakukan pemapasan atau body cutting dibeberapa bagian untuk memunculkan kesan sangar, hal sama juga dilakukan pada cover rumah CVT yang dipangkas, untuk hal terakhir tidak disarankan untuk penggunaan harian. Setelah proses body cutting selesai lanjut dengan menyiram sekujur bodfi dengan airbrush motif grafis yang dibuat sesimpel mungkin dengan material dasar cat menggunakan Blinken dan pernis dengan merk yang sama. Sektor kaki-kaki diganti dengan padanan velg DID ukuran 1.20-17 berpadu dengan ban FDR 50/90-17 untuk bagian depan dan belakang, Tromol PSM dipilih untuk menggantikan tromol standarnya dan cakram depan lansiran Ride It. Sambil mengerjakan sektor kaki-kaki, beberapa bagian seperti standar tengah dan samping, behel belakang, footstep belakang, swing arm kanan, bracket knalpot dan bagian-bagian kecil lainnya dicelup krom untuk menampilkan kesan resik pada motor tersebut, sekaligus juga dilakukan sedikit modifikasi pada sektor kemudi dengan tetap mempertahankan cover kemudi standar bawaan motor.
Selesai dari segi tampilan, mulailah melakukan rombakan pada mesin. Blok standar Nouvo dilengserkan dan diganti dengan Blok Kawahara dan dikombinasikan dengan piston Izumi dengan diameter 58.5 mm, langkah piston dibiarkan standar 57 mm untuk dapat bermain dikelas 155 CC Matic. Dari paduan tersebut dihitung dengan rumus isi silinder tercatat bersih 153 CC. Kompresi sengaja dibuat agak tinggi untuk dapat bejaban dilintasan 201 M dengan perbandingan kompresi 13:1. Kem menggunakan Kawahara K-1 durasi 280 derajat, klep standar dilungsurkan dan diganti dengan kepunyaan Sonic 24/28 lengkap dengan per klep-nya serta modifikasi rumah klep dan sitting klep dengan material bronze. Sektor pengapian dipercayakan pada CDI BRT Hyperband, Koil YZ 125 dan busi NGK Iridium. Karburator menggunakan standar bawaan Nouvo dengan kombinasi PJ 25 dan MJ 125. serta saluran buang berlabel TDR Free Flow . Sektor CVT dibiarkan standar karena sampai saat ini masih cukup percaya dengan ketahanan parts CVT bawaan motor dengan perbandingan berat roller masing-masing 10G dan sedikit modifikasi dibagian rumah roller pada puli primer-nya.
Selesai proses modifikasi yang memakan waktu 2 minggu ini selengkapnya dapat dilihat pada foto-foto berikut:
Spek:
- Velg depan DID 120-17 + Ban FDR 50/90-17
- Velg belakang DID 120-17 + Ban FDR 50/90-17
- Tromol depan & belakang PSM
- Cakram depan Ride It
- Engine Bored Up 153 CC Kawahara + Piston Izumi 58.5 mm
- Klep Sonic 24/28
- Kem Kawahara K-1
- CDI BRT Hyperband
- Koil YZ 125
- Busi NGK Iridium
- Knalpot TDR Free Flow
- Roller Kawahara 10 G
- Airbrush Grafis (Base Coat & Vernish by Blinken)
Donny - BlackSoul
Studio Motor Custom Bike
No comments:
Post a Comment